Terpopuler

Digantinya bumi dan langit dengan bumi dan langit yang lain

coretanrembulan.blogspot.com Apa ada bumi dan langit yang lain ?, kenapa bumi dan langit di ganti ?, kapan bumi dan langit diganti ? Bumi dan langit diganti ? Keberadaan umat manusia saat bumi dan langit diganti dengan bumi dan langit yang lain. Para pembaca yang di rahmati Allah Swt, saya akan menyampaikan ataupun menjelaskan dimana kita berada setelah (kematian/hari kiamat) bumi dan langit diganti dengan bumi dan langit yang lain. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman : يَوْمَ تُبَدَّلُ الْأَرْضُ غَيْرَ الْأَرْضِ وَالسَّمَاوَاتُ ۖ وَبَرَزُوا لِلَّهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارِ    [ابراهيم : 48] "(Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit, dan mereka semuanya (di padang mahsyar) berkumpul menghadap ke hadirat Allah Maha Esa lagi Maha Perkasa" (S.14;48). Allah Swt, berfirman : ".....padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya........." (S.39;67). Dipadang mahsyar

Kuburan dapat bicara kepada mayit



coretanrembulan.blogspot.com



Sambutan kubur terhadap seorang hamba

Hadis Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam :

• Imam Tirmidzi meriwayatkan sebagai berikut :

Suatu hari Rasulullah Saw. Memasuki mushalla (tempat shalat) nya yang dipenuhi orang-orang yang mengobrol sambil tertawa-tawa. Maka Rasulullah Saw. Memperingati mereka, tuturnya :

Tidakkah kalian memperbanyak ingat mati, si pemutus segala kenikmatan itu ?. Ketahuilah bahwa tidak datang satu hari pun melaikan kuburan berbicara :

Aku adalah rumah pengasingan, aku adalah rumah kesendirian, aku adalah rumah debu, aku adalah rumah cacing dan ulat-ulat. Bila yang dipendam seorang mukmin, maka ia berkata kepada sang mukmin itu :

Selamat datang. Engkau adalah orang yang paling aku cintai dari mereka yang pernah berjalan di atas punggungku. Hari ini engkau datang kepadaku, tinggal di dalam ku, kau akan saksikan bagaimana aku akan menyambutmu.

Kemudian kuburan itu menjadi lebar sejauh pandangan mata si hamba mukmin tersebut, sementara pintu menuju surga pun di buka.

Sedangkan, apabila yang di pendam seorang kafir atau seorang pelaku maksiat, maka tanah/kubur itu berkata kepadanya :

Engkau adalah orang yang paling aku benci dari mereka yang pernah berjalan di atas punggungku. Sekarang engkau datang kepadaku dan menetap di dalam aku, kau akan lihat apa yang akan aku perbuat terhadapmu.

Tidak lama kemudian, kuburan itupun menjepitnya hingga tulang belulang si hamba kafir atau yang berbuat maksiat itu remuk-redam.


• Rasulullah Saw. Bersabda :

اَلْقَبْرُاِمَّارَوْضَةٌمِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِأَوْحُفْرَةٌمِنْ حُفَرِالنَّارِ .

"Kuburan itu ada yang berupa taman dari taman-taman surga, dan ada yang berupa lembah dari lembah neraka". (Diriwayatkan oleh Tirmidzi. Ia berkata : Hadits ini gharib. Aku tidak mengenalnya kecuali dari jalur ini)



Ucapan para sahabat ra :

• Abdullah bin Umar ra berkata :

"Allah menjadikan kuburan dapat bicara kepada mayit yang menghuninya, katanya :

Hai Ibnu Adam ! Bagaimana engkau bisa melupakan aku ?. Tiadakah engkau tahu, aku adalah rumah yang penuh ulat, aku adalah rumah yang penuh kengerian. Aku adalah rumah yang penuh kesendirian". (Disebutkan oleh Imam Al Qurthubiy)


• Juga dari Abdullah bin Umar ra, bahwa :

"Kuburan akan bicara kepada seorang hamba saat di letakan padanya, ujarnya : Hai Ibnu Adam !. Mengapa engkau tertipu tentang aku ?. Ketahuilah, aku adalah rumah yang penuh kegelapan. Aku adalah rumah Haq.

Bila ia termasuk orang yang beruntung, maka seseorang akan menyahut dengan bertanya : bagaimana dengan orang yang suka berda'wah melakukan amal ma'ruf nahi mungkar ?.

Kuburan itu menjawab : terhadapnya, aku bersikap lemah lembut dan jasadnya kusinari dengan cahaya. Lantas ruhnya naik kepada Allah Azza wa Jalla". (Diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Abu Ahmad Al-Hakim)



Ucapan para ulama :


1. Imam Sufyan Ats-Sauriy ra berkata :

مَنْ أَكْثَرَمِنْ ذِكْرِالْقَبْرِوَجَدَهُ رَوْضَةًمِنْ رِيَا ضِ الْجَنَّةِوَمَنْ غَفَلَ عَنْ ذِكْرِهِ وَجَدَهُ حُفْرَةًمِنْ حُفَرِالنَّارِ .

"Barang siapa yang sering ingat kubur, maka ia akan mendapatinya sebagai salah satu taman surga, dan siapa saja yang melupakannya, maka ia akan menjumpainya sebagai salah satu lembah neraka".


2. Ahmad bin Harb rahimahullah pernah mengatakan sebagai berikut :

"Bumi ini heran kepada orang yang menyediakan untuk dirinya tempat tidur halus agar nyenyak tidur. Bumi ini bertutur :

Wahai Bani Adam, tiadakah engkau pernah berfikir tentang tidur panjangmu di dalam perutku yang tidak ada padanya seprei dan selimut ?".


3. Sebagian ahli zuhud ditanya tentang nasehat paling ampuh. Dia bilang :

"Nasehat paling ampuh ialah mengingat mati dan kengerian kubur !".


4. Seorang ulama merangkai sebuah sya'ir berikut ini :

Persiapkanlah bekal dalam hidupmu

Untuk menuju negeri abadimu

Beribadahlah kepada Allah Ta'ala

Lakukanlah amal terbaik sebagai bekal anda

Jangan banyak mencari dunia

Karena harta akan binasa

Relakan engkau berkumpul bersama orang-orang

Yang lengkap dalam persiapan

Sedang,

Engkau tak punya bekal dan kesiagaan ?.


5. Seorang ulama lainnya memberi pesan kepada kita melalui untaian sya'irnya dibawah ini :

تَزَوَّدْمِنَ الدُّنْيَافَإِنَّكَ رَاحِلٌ  ٫‘،

وَسَارِعْ إِلَى الْخَيْرَاتِ فِيْمَنْ يُسَارِعُ

فَمَاالْمَالُ وَالْأَهْلُوْنَ إِلَّاوَدِيْعَةٌ  ٫‘،

وَلَابُدَّيَوْمًاأَنْ تُرَدَّالْوَدَائِحُ

Berbekallah dari dunia

Sesungguhnya engkau musafir kelana

Bergegaslah menuju kebaikan

Bersama orang-orang

Yang bersegera dalam ihsan

Harta dan sanak saudara

Tak lebih sebagai barang titiapan

Suatu masa

Ia mesti dipulangkan


6. Yang lain mengucap :

Kematian adalah samudera

Yang gulung gemulung ombaknya

Orang yang mengarunginya

Tenggelam di dalamnya

Tak ada yang menyelamatkan seorang insan

Di alam kubur yang mengerikan

Selain takwa dan amal shaleh serta ihsan

(Ucapan-ucapan ini disebutkan oleh Al-Qurthubiy)



Kisah :


Ketika suatu hari Imam Hasan Basri menshalati jenazah dan mengikuti penguburannya, tiba-tiba terdengarlah suara wanita berteriak, katanya :

Andai kalian tahu wahai penduduk kubur orang yang sedang diantar untuk menjumpai kalian, pasti kalian akan menghormatinya !.

Maka Imam Hasan Basri mendengar satu suara dari lubang kubur yang berkata :

Tiadakah kalian tahu ! Demi Allah, kalian telah membawa dia kepada kami dengan dosa-dosa sebesar gunung dan tanah kuburan diizinkan Allah untuk memakannya sampai menjadi abu, sementara dua orang malaikat akan membangunkannya untuk menanyakan kepadanya tentang yang diperbuat oleh dirinya dan tentang tempat-tempat yang pernah dikunjunginya. Juga untuk menanyakan kepadanya tentang ucapan yang pernah diucapkannya dan amal perbuatan anggota badannya. Maka Hasan Basripun pingsan.




Wahai para pembaca, masih tetap melalaikan ajaran agamakah anda, dan tidak mau insaf juga ?.

Mari kita bangkit mengerjakan amal shaleh sebanyak-banyaknya dan menyesuaikannya dengan petunjuk Rasulullah sebagai persiapan menuju alam kubur !

Semoga Allah mengkucuri kita dengan hujan rahmat-Nya Amin !.

Postingan populer dari blog ini

Setiap orang akan Bangkit dari kubur

Digantinya bumi dan langit dengan bumi dan langit yang lain

Tempat tinggal akherat pertama

Hadits tentang wanita

Hadits tentang menuntut ilmu

Hadits tentang bersyukur

Semua makhluk mendengar azab kubur kecuali jin dan manusia

Tentang disambutnya para ruh

Masuk dan berkembangnya agama islam di indonesia

Hadits-Hadits tentang shalat