Terpopuler

Digantinya bumi dan langit dengan bumi dan langit yang lain

coretanrembulan.blogspot.com Apa ada bumi dan langit yang lain ?, kenapa bumi dan langit di ganti ?, kapan bumi dan langit diganti ? Bumi dan langit diganti ? Keberadaan umat manusia saat bumi dan langit diganti dengan bumi dan langit yang lain. Para pembaca yang di rahmati Allah Swt, saya akan menyampaikan ataupun menjelaskan dimana kita berada setelah (kematian/hari kiamat) bumi dan langit diganti dengan bumi dan langit yang lain. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman : يَوْمَ تُبَدَّلُ الْأَرْضُ غَيْرَ الْأَرْضِ وَالسَّمَاوَاتُ ۖ وَبَرَزُوا لِلَّهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارِ    [ابراهيم : 48] "(Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit, dan mereka semuanya (di padang mahsyar) berkumpul menghadap ke hadirat Allah Maha Esa lagi Maha Perkasa" (S.14;48). Allah Swt, berfirman : ".....padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya........." (S.39;67). Dipadang mahsyar

Semua makhluk mendengar azab kubur kecuali jin dan manusia


coretanrembulan.blogspot.com



 BINATANG MENDENGAR AZAB KUBUR DAN SANG MAYIT MENDENGAR UCAPAN ORANG HIDUP


Hadits-Hadits Rasulullah Shallallah Alaihi wa Sallam :

1. Dari Anas bin Malik ra, ia bercerita :

Rasulullah Saw. Bersabda :

"Seorang hamba manakala diletakkan dalam liang kubur dan para pengantarnya pulang meninggalkannya, sementara ia mendengar suara terumpah mereka, ia segera didatangi oleh dua malaikat. Setelah ia disuruh duduk, maka ia ditanya oleh keduanya : Apa yang kamu ketahui tentang laki-laki itu (Yakni Muhammad Saw) ?.

Jika ia seorang mukmin, ia akan menjawab : Aku bersaksi bahwa dia adalah hamba Allah dan Rasul-Nya.

Lantas dikatakan kepadanya : Lihatlah tempatmu di neraka. Allah Swt. Telah menggantinya dengan tempat di surga. Maka ia pun melihat keduanya (surga dan neraka).

Ada pun kalau dia seorang munafik atau kafir, maka ketika ditanya : Apa yang kamu ketahui tentang laki-laki itu (Yakni Muhammad Saw) ?, ia akan menjawab : Aahh aku tidak tahu. Aku melihatnya seperti kata orang-orang !. Lalu dikatakan : (jadi), engkau tidak tahu dan tidak pernah baca tentang dia !.

Maka ia pun dipukul dengan palu besi dengan kerasnya sehingga ia menjerit sejadi-jadinya yang didengar oleh semua makhluk disekitarnya kecuali jin dan manusia!". (Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)


2. Dari Ummu Mubasysyir radhiyallah Anha, ia berkata :

"Suatu hari Rasulullah Saw. Mendatangiku di pekarangan Bani Najjar yang penuh dengan kuburan mereka yang mati pada Zaman Jahiliah.

Ketika akan pulang, Beliau berpesan : Berlindunglah kamu kepada Allah dari azab kubur !.

Maka aku bertanya : Wahai Rasulullah, apakah mereka sedang disiksa ?.

Rasulullah Saw. Menjawab : Yah, dengan siksaan yang dapat di dengar oleh binatang-binatang". (Diriwayatkan oleh Ahmad dari Jabir dari Ummi Mubasysyir ra)


3. Imam Muslim meriwayatkan sebagai berikut :

"Ketika Nabi Saw. Berada di pagar pekarangan Bani Najjar, tiba-tiba unta yang ditungganginya mogok dan menjadi binal hingga nyaris menjatuhkan Rasulullah Saw. Ternyata tempat tersebut adalah pemakaman.

Kuburan siapakah itu ?, Tanya Rasulullah Saw.

Para sahabat ra, menyahut : kuburan orang-orang yang mati dalam keadaan musyrik !.

Rasulullah Saw. Bertutur : Ummat ini akan menjumpai fitnah kubur !. Andai kamu tidak akan dikubur, pasti Aku memohon kepada Allah untuk memperdengarkan kepadamu azab kubur yang aku dengar !". (Diriwayatkan oleh Muslim)


4. Sebuah hadits menyebutkan :

لَوْسَمِحَ أَحَدُكُمْ ضَرْبَةَالْمَلَكِ لِلْمَيِّتِ بِمَقَامِحَ مِنْ حَدِيْدٍلَمَاتَ .

" Andai salah seorang diantara kamu mendengar pukulan malaikat kepada mayit dengan gada besi, niscaya ia mati !". (Disebutkan oleh Imam Qurthubiy)


5. Sebuah hadits marfu menyebutkan sebagai berikut :

"Tidaklah seseorang melewati kuburan seorang muslim yang dikenalnya didunia lalu ia beruluk salam kepadanya, melainkan  ia mengetahuinya dan menjawab salamnya !". (Dishahihkan oleh Allamah Abdul-Haq seperti dituturkan Imam Qurthubiy)


6. Disebutkan dalam sebuah riwayat Shahih sebagai berikut :

"Rasulullah Saw. Pernah berdiri dihadapan mayit-mayit kaum musrikin yang mati dalam peperangan badar, seraya berseru : Hai fulan bin fulan.... Hai fulan bin fulan... Tiadakah kalian jumpai kebenaran apa yang dijanjikan oleh Allah dan Rasul-Nya ?. Ketahuilah bahwa aku telah menjumpai kebenaran hal itu !. Maka Umar bin Khatthab ra menukas : Wahai Rasulullah, bagaimana mungkin engkau mengajak bicara tubuh yang tidak bernyawa itu ?.

Rasulullah menjawab : kalian tidak lebih mendengar dari pada mereka terhadap apa yang aku ucapkan, hanya saja mereka tidak dapat menjawab sedikitpun !.

Kemudian Rasulullah Saw. Menyuruh agar mereka diseret dan di lempar ke sumur Badar !". (Diriwayatkan oleh Muslim Al Hafizh Ibnu Rajab menyebutkan bahwa hadits ini riwayat Bukhari dan Muslim dari Anas dari Abu Thalhah juga Ibnu Umar)



Ucapan para Sahabat ra :

Bara bin Azib ra berkata :

"Jika seorang kafir diletakkan dalam kubur, maka ia segera didatangi oleh seekor binatang yang matanya bagaikan kuali dari tembaga. Padanya terdapat tongkat besar dari besi. Dengannya ia memukuli si kafir itu dengan pukulan yang sangat keras sehingga setiap makhluk yang mendengarnya pasti melaknatnya, dan tidak ada satu makhlukpun melainkan mendengar jeritannya kecuali jin dan manusia!". (Disebutkan oleh Al-Hafizh Ibnu Rajab dengan mengutipnya dari Ibnu Jarir dalam tafsirnya)



Ucapan para Ulama :

Imam Dhahhak menuturkan seperti berikut ini :

"Seorang kafir manakala diletakkan diliang kubur, maka dia dipukuli dengan palu hingga ia menjerit dengan kerasnya sampai didengar oleh semua makhluk kecuali jin dan manusia. Dan setiap makhluk yang mendengarnya akan melaknatnya !". (Disebutkan oleh Al-Hafizh Ibnu Rajab dengan mengutipnya dari Ibnu Jarir dalam tafsirnya) 



Wallahu a'lam bishawab, Hanya Allah yang lebih mengetahui kebenaran yang sesungguhnya.

Postingan populer dari blog ini

Setiap orang akan Bangkit dari kubur

Digantinya bumi dan langit dengan bumi dan langit yang lain

Tempat tinggal akherat pertama

Hadits tentang wanita

Hadits tentang menuntut ilmu

Hadits tentang bersyukur

Tentang disambutnya para ruh

Masuk dan berkembangnya agama islam di indonesia

Hadits-Hadits tentang shalat